IKIP PGRI MADIUN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Status Terakreditasi: No:
020/BAN-PT/Ak-XIII/S1/X/2010
Jalan
Setiabudi 85 Telp-Fax. (0351) 462986 Madiun 63118
PROPOSAL PENELITIAN
NAMA : FEBRIANA WULANDARI (09141083/ 7C)
BIDANG
STUDI/MAPEL : BAHASA
INDONESIA
1.
JUDUL
Peningkatan Kemampuan Menanggapi dan Memberikan Saran Suatu Peristiwa Melalui Model Pembelajaran Examples Non Examples pada Siswa Kelas V SDN Kawedanan 02 Magetan.
2.
PENDAHULUAN
Ditemukan fakta bahwa siswa kelas V SDN Kawedanan 2
masih menemui kesulitan belajar dalam memberikan tanggapan dan saran pada suatu
peristiwa. Jelas terlihat dari hasil tes akhir pembelajaran menunjukkan bahwa:
hanya ada 10 siswa (21%) yang kemampuan menanggapi dan memberikan saran suatu
peristiwa mencapai nilai antara (75-100); terdapat 30 siswa (63%) mencapai
nilai 50-75 dan 7 siswa (16%) memperoleh nilai dibawah 50. Padahal nilai
ketuntasan minimal SDN Kawedanan 2 adalah 75.
Dalam pembelajaran sehari-hari, guru sudah
menjelaskan cara menanggapi dan memberikan saran suatu peristiwa serta
memberikan pekerjaan rumah bagi siswa kelas V. Akan tetapi kemampuan siswanya
tetap saja belum dapat meningkat.
Akar penyebab rendahnya penguasaan menanggapi dan
memberikan saran suatu peristiwa karena guru kurang tepat dalam memilih model
pembelajaran. Secara teoritik, siswa SD lebih suka mengamati gambar daripada
materi yang berupa tulisan saja. Seharusnya siswa diberikan peristiwa yang
sesuai dengan berita yang berkembang saat ini melalui model pembelajaran
examples non examples. Dimana model pembelajaran ini menyajikan kasus atau
peristiwa berupa gambar yang relevan dengan kompetensi dasar.
3.
RUMUSAN
MASALAH DAN PEMECAHANNNYA
Rumusan
masalah:
Dari
latar belakang masalah diatas maka rumusan masalahnya adalah:
- Bagaimana penerapan model pembelajaran examples non examples untuk meningkatkan kemampuan menanggapi dan memberikan saran suatu peristiwa pada siswa kelas V SDN Kawedanan 02 Magetan?
- Apakah penerapan model pembelajaran examples non examples dapat meningkatkan kemampuan menanggapi dan memberikan saran suatu peristiwa pada siswa kelas V SDN Kawedanan 02 Magetan?
Tindakan
pemecahan masalahnya:
Untuk memecahkan masalah rendahnya keaktifan dan
kemampuan menanggapi dan memberikan saran suatu peristiwa pada siswa kelas V
SDN Kawedanan 02 Magetan, akan dilakukan penerapan pembelajaran dengan model
pembelajaran examples non examples. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
- Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran
- Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan melalui LCD proyektor
- Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/ menganalisa (menanggapi dan memberikan saran dari peristiwa pada gambar).
- Melalui diskusi kelompok, hasil analisa gambar tersebut dicatat pada kertas
- Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya
- Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa guru menjelaskan materi sesuai tujuan.
- Kesimpulan.
Indikator
keberhasilan:
Indikator keberhasilan
dari penerapan model pembelajaran examples non examples dapat meningkatkan
kemampuan menanggapi dan memberikan saran suatu peristiwa pada siswa kelas V
SDN Kawedanan 02 Magetan, adalah sebagai berikut:
ASPEK
|
CARA
MENGUKUR
|
Keaktifan siswa mengajukan pertanyaan
|
Diamati saat pembelajaran berlangsung, lembar
pengamatan, oleh peneliti. Ditung dari jumlah siswa bertanya per jumlah
keseluruhan siswa
|
Ketepatan waktu melakukan kegiatan eksplorasi
(menganalisis gambar)
|
Diamati dengan menghitung jumlah siswa yang mampu
menjawab.
|
Interaksi antar siswa pada kegiatan diskusi
|
Diamati ketika siswa melakukan diskusi, dicatat
keterlibatan masing-masing siswa dalam kelompok.
|
Ketuntasan hasil belajar
|
Dihitung dari nilai rata-rata kuiz dan tes blok.
Siswa yang memperoleh nilai lebih besar/sama dengan 70 dinyatakan tuntas.
|
4.
TUJUAN
Berdasarkan
rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini untuk:
- Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran examples non examples untuk meningkatkan kemampuan menanggapi dan memberikan saran suatu peristiwa pada siswa kelas v SDN Kawedanan 02?
- Mendeskripsikan peningkatan kemampuan menanggapi dan memberikan saran suatu peristiwa dengan model pembelajaran examples non examples pada siswa kelas V SDN Kawedanan 02?
5.
MANFAAT
Manfaat Teoritik: memberikan sumbangan pengetahuan
pada khasanah pengetahuan khususnya dalam bidang pembelajaran Bahasa Indonesia
di SD,
Manfaat
Praktis:
Ø Siswa
: siswa akan lebih aktif dan memahami sehingga kemampuannya menanggapi dan
memberikan saran terhadap suatu peristiwa meningkat.
Ø Guru:
dimungkinkan dapat diterapkan di sekolah yang mempunyai karakteristik sama
Ø Peneliti
lain: dapat menjadi inspirasi yang ingin mendalami persoalan menanggapi dan
memberikan saran pada suatu peristiwa.
6.
KAJIAN
PUSTAKA
- Karakteristik siswa kelas V SD
- Pembelajaran Bahasa Indonesia
- Model pembelajaran examples non examples
- Standar isi
7.
METODE
PENELITIAN
Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif, dengan rancangan penelitian PTK.
Model pelaksanaan
PTK ini dengan acuan model siklus PTK sebagai berikut:
Tahap 1: Perencanaan (Menyusun RPP, Simulasi pembelajaran, Alat penilaian &
Lembar Observasi)
Tahap 2: Pelaksanaan (Melaksanakan
Pembelajaran, Melakukan
Pengamatan)
Tahap 3: Refleksi (Melakukan Penilaian
hasil belajar, Melakukan
Penilaian Kinerja)
Tahap 4: Kesimpulan ( jika siklus pertama tidak berhasil
diteruskan ke siklus 2)
8.
JADWAL
PENELITIAN
Penelitian dilaksanakan
di SDN Kawedanan 2 Kec. Kawedanan, Kab. Magetan. Pembuatan rencana tindakan
berdasarkan refleksi yang ditulis pada proposal dilaksanakan pada tanggal 15
September sampai 28 september 2012, dikerjakan setiap hari Sabtu. Pelaksanaan
tindakan dikerjakan mulai pada tanggal 1 Nopember sampai 14 Nopember 2012. Jam
pelajaran 2 pertemuan setiap minggu pada tiap hari Senin dan Rabu masing-masing
2 x 35 menit.
9.
DAFTAR
PUSTAKA
Drs. Ibadullah Malawi, dkk.2012.Penelitian Tindakan Kelas.Madiun: IKIP
PGRI Madiun
http://sirakbarkurniawan.blogspot.com/2011/01/penerapan-metode-pembelajaran-examples_15.html,
diakses pada tanggal 30 Nopember 2012
http://jurnalbidandiah.blogspot.com/2012/04/model-pembelajaran-example-non-example.html,
diakses pada tanggal 30 Nopember 2012
http://ebookbrowse.com/pengertian-model-pembelajaran-example-non-examples-menurut-para-ahli-di-dalam-skripsi-pdf-d341928439,
diakses pada tanggal 30 Nopember 2012
http://pasca.uns.ac.id/?p=2729,
diakses pada tanggal 30 Nopember 2012
http://infopendidikankita.blogspot.com/2009/12/karakteristik-perkembangan-anak-usia.html,
pada tanggal 30 Nopember 2012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar