TUGAS PTK

Ads 468x60px

Labels

Jumat, 04 Januari 2013

TUGAS PROPOSAL PTK

IKIP PGRI MADIUN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Status Terakreditasi: No: 020/BAN-PT/Ak-XIII/S1/X/2010
Jalan Setiabudi 85 Telp-Fax. (0351) 462986 Madiun 63118


PROPOSAL PENELITIAN

NAMA                                             : FEBRIANA WULANDARI          (09141083/ 7C)
BIDANG STUDI/MAPEL              : BAHASA INDONESIA

1.        JUDUL
Peningkatan Kemampuan Menanggapi dan Memberikan Saran Suatu Peristiwa Melalui Model Pembelajaran Examples Non Examples pada Siswa Kelas V SDN Kawedanan 02 Magetan.

2.        PENDAHULUAN
Ditemukan fakta bahwa siswa kelas V SDN Kawedanan 2 masih menemui kesulitan belajar dalam memberikan tanggapan dan saran pada suatu peristiwa. Jelas terlihat dari hasil tes akhir pembelajaran menunjukkan bahwa: hanya ada 10 siswa (21%) yang kemampuan menanggapi dan memberikan saran suatu peristiwa mencapai nilai antara (75-100); terdapat 30 siswa (63%) mencapai nilai 50-75 dan 7 siswa (16%) memperoleh nilai dibawah 50. Padahal nilai ketuntasan minimal SDN Kawedanan 2 adalah 75.
Dalam pembelajaran sehari-hari, guru sudah menjelaskan cara menanggapi dan memberikan saran suatu peristiwa serta memberikan pekerjaan rumah bagi siswa kelas V. Akan tetapi kemampuan siswanya tetap saja belum dapat meningkat.
Akar penyebab rendahnya penguasaan menanggapi dan memberikan saran suatu peristiwa karena guru kurang tepat dalam memilih model pembelajaran. Secara teoritik, siswa SD lebih suka mengamati gambar daripada materi yang berupa tulisan saja. Seharusnya siswa diberikan peristiwa yang sesuai dengan berita yang berkembang saat ini melalui model pembelajaran examples non examples. Dimana model pembelajaran ini menyajikan kasus atau peristiwa berupa gambar yang relevan dengan kompetensi dasar.


3.        RUMUSAN MASALAH DAN PEMECAHANNNYA
Rumusan masalah:
Dari latar belakang masalah diatas maka rumusan masalahnya adalah:
  1. Bagaimana penerapan model pembelajaran examples non examples untuk meningkatkan kemampuan menanggapi dan memberikan saran suatu peristiwa pada siswa kelas V SDN Kawedanan 02 Magetan?
  2. Apakah penerapan model pembelajaran examples non examples dapat meningkatkan kemampuan menanggapi dan memberikan saran suatu peristiwa pada siswa kelas V SDN Kawedanan 02 Magetan?

Tindakan pemecahan masalahnya:
Untuk memecahkan masalah rendahnya keaktifan dan kemampuan menanggapi dan memberikan saran suatu peristiwa pada siswa kelas V SDN Kawedanan 02 Magetan, akan dilakukan penerapan pembelajaran dengan model pembelajaran examples non examples. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran
  2. Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan melalui LCD proyektor
  3. Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/ menganalisa (menanggapi dan memberikan saran dari peristiwa pada gambar).
  4. Melalui diskusi kelompok, hasil analisa gambar tersebut dicatat pada kertas
  5. Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya
  6. Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa guru menjelaskan materi sesuai tujuan.
  7. Kesimpulan.
Indikator keberhasilan:
Indikator keberhasilan dari penerapan model pembelajaran examples non examples dapat meningkatkan kemampuan menanggapi dan memberikan saran suatu peristiwa pada siswa kelas V SDN Kawedanan 02 Magetan, adalah sebagai berikut:
ASPEK
CARA MENGUKUR
Keaktifan siswa mengajukan pertanyaan
Diamati saat pembelajaran berlangsung, lembar pengamatan, oleh peneliti. Ditung dari jumlah siswa bertanya per jumlah keseluruhan siswa
Ketepatan waktu melakukan kegiatan eksplorasi (menganalisis gambar)
Diamati dengan menghitung jumlah siswa yang mampu menjawab.
Interaksi antar siswa pada kegiatan diskusi

Diamati ketika siswa melakukan diskusi, dicatat keterlibatan masing-masing siswa dalam kelompok.
Ketuntasan hasil belajar

Dihitung dari nilai rata-rata kuiz dan tes blok. Siswa yang memperoleh nilai lebih besar/sama dengan 70 dinyatakan tuntas.


4.        TUJUAN
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini untuk:
  1. Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran examples non examples untuk meningkatkan kemampuan menanggapi dan memberikan saran suatu peristiwa pada siswa kelas v SDN Kawedanan 02?
  2. Mendeskripsikan peningkatan kemampuan menanggapi dan memberikan saran suatu peristiwa dengan model pembelajaran examples non examples pada siswa kelas V SDN Kawedanan 02?

5.        MANFAAT
Manfaat Teoritik: memberikan sumbangan pengetahuan pada khasanah pengetahuan khususnya dalam bidang pembelajaran Bahasa Indonesia di SD,
Manfaat Praktis:
Ø  Siswa : siswa akan lebih aktif dan memahami sehingga kemampuannya menanggapi dan memberikan saran terhadap suatu peristiwa meningkat.
Ø  Guru: dimungkinkan dapat diterapkan di sekolah yang mempunyai karakteristik sama
Ø  Peneliti lain: dapat menjadi inspirasi yang ingin mendalami persoalan menanggapi dan memberikan saran pada suatu peristiwa.


6.        KAJIAN PUSTAKA
  • Karakteristik siswa kelas V SD
  • Pembelajaran Bahasa Indonesia
  • Model pembelajaran examples non examples
  • Standar isi

7.        METODE PENELITIAN
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan rancangan penelitian PTK.
Model pelaksanaan PTK ini dengan acuan model siklus PTK sebagai berikut:
ž  Tahap 1: Perencanaan (Menyusun RPP, Simulasi pembelajaran, Alat penilaian & Lembar Observasi)
ž  Tahap 2: Pelaksanaan (Melaksanakan Pembelajaran, Melakukan Pengamatan)
ž  Tahap 3: Refleksi (Melakukan Penilaian hasil belajar, Melakukan Penilaian Kinerja)
ž  Tahap 4: Kesimpulan ( jika siklus pertama tidak berhasil diteruskan ke siklus 2)

8.        JADWAL PENELITIAN
Penelitian dilaksanakan di SDN Kawedanan 2 Kec. Kawedanan, Kab. Magetan. Pembuatan rencana tindakan berdasarkan refleksi yang ditulis pada proposal dilaksanakan pada tanggal 15 September sampai 28 september 2012, dikerjakan setiap hari Sabtu. Pelaksanaan tindakan dikerjakan mulai pada tanggal 1 Nopember sampai 14 Nopember 2012. Jam pelajaran 2 pertemuan setiap minggu pada tiap hari Senin dan Rabu masing-masing 2 x 35 menit.

9.        DAFTAR PUSTAKA
Drs. Ibadullah Malawi, dkk.2012.Penelitian Tindakan Kelas.Madiun: IKIP PGRI Madiun
http://pasca.uns.ac.id/?p=2729, diakses pada tanggal 30 Nopember 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text