TUGAS PTK

Ads 468x60px

Labels

Sabtu, 05 Januari 2013

PROPOSAL PTK KELOMPOK


IKIP PGRI MADIUN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Status Terakreditasi: No: 020/BAN-PT/Ak-XIII/S1/X/2010
Jalan Setiabudi 85 Telp-Fax. (0351) 462986 Madiun 63118



NAMA ANGGOTA KELOMPOK            :
1.        Febriana Wulandari          (09141083)
2.        Imas Setyowati                (09141106)
3.        Ita Setyaningrum              (09141112)
4.        Jaenatin                           (09141115)
5.        Lailiyah Makfiyatul M.     (09141123)

BIDANG STUDI/MAPEL              : BAHASA INDONESIA

1.        JUDUL
Peningkatan Kemampuan Menemukan Gagasan Utama Suatu Teks Yang Dibaca Dengan Metode SQ3R Pada Siswa Kelas V SDN Kawedanan 2 Magetan

2.        PENDAHULUAN
Ditemukan fakta bahwa siswa kelas V SDN Kawedanan 2 masih menemui kesulitan belajar dalam menemukan gagasan utama teks yang dibaca. Hal ini terlihat dari hasil tes akhir pembelajaran menunjukkan bahwa: ada 12 siswa (30%) yang kemampuan mengidentifikasi hubungan makan dan dimakan antar makhluk hidup (rantai makanan) mencapai nilai antara (75-100); terdapat 28 siswa (70%) mencapai nilai dibawah 75. Padahal nilai ketuntasan minimal SDN Kawedanan 2 adalah 75.
Akar penyebab rendahnya kemampuan menemukan gagasan utama teks adalah kurang tepatnya dalam memilih metode pembelajaran. Seharusnya siswa diberikan materi melalui metode pembelajaran SQ3R. Dimana metode pembelajaran ini mempunyai langkah-langkah dalam menemukan gagasan utama teks yang mudah.



3.        RUMUSAN MASALAH DAN PEMECAHANNNYA
Rumusan masalah:
1.         Bagaimana penerapan metode pembelajaran SQ3R untuk meningkatkan kemampuan menemukan gagasan utama teks pada siswa kelas V SDN Kawedanan 2 Magetan?
2.         Apakah penerapan metode pembelajaran SQ3R dapat meningkatkan kemampuan menemukan gagasan utama teks pada siswa kelas V SDN Kawedanan 2 Magetan?

Tindakan pemecahan masalahnya adalah sebagai berikut:
1.        Survey: mencari judul, sub judul, gambar, grafik, atau keterangan tambahan dari sebuah teks
2.        Question: memunculkan berbagai pertanyaan setelah melakukan survey
3.        Read: membaca teks dari awal hingga akhir
4.        Recite: mengungkapkan atau menuliskan apa yang telah dibaca dengan menggunakan kalimat sendiri dan menghubungkannya dengan apa yang telah diketahui
5.        Review: mengingat kembali apa yang telah dibaca

Indikator keberhasilannya adalah sebagai berikut:
ASPEK
CARA MENGUKUR
Keaktifan siswa mengajukan pertanyaan
Diamati selama pembelajaran berlangsung
Ketepatan waktu dalam membaca teks
Diamati dari kemampuan siswa dalam membaca teks
Interaksi antar siswa pada kegiatan diskusi
Diamati ketika siswa melakukan diskusi, dicatat keterlibatan masing-masing siswa dalam kelompok
Ketuntasan hasil belajar
Dihitung dari nilai diskusi dan tes akhir pembelajaran. Siswa yang memperoleh nilai lebih besar/sama dengan 75 dinyatakan tuntas.























4.        TUJUAN
Penelitian ini bertujuan untuk:
1.         Mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran SQ3R untuk meningkatkan kemampuan menemukan gagasan utama teks pada siswa kelas V SDN Kawedanan 2 Magetan
2.         Mendeskripsikan peningkatan kemampuan menemukan gagasan utama teks dengan metode pembelajaran SQ3R pada siswa kelas V SDN Kawedanan 2 Magetan

5.        MANFAAT
Manfaat Teoritik: memberikan sumbangan pengetahuan pada khasanah pengetahuan khususnya dalam bidang pembelajaran Bahasa Indonesia di SD,
Manfaat Praktis:
Ø  Siswa: siswa akan lebih aktif dan memahami sehingga kemampuannya menemukan gagasan utama teks meningkat.
Ø  Guru: dimungkinkan dapat diterapkan di sekolah yang mempunyai karakteristik sama
Ø  Peneliti lain: dapat menjadi inspirasi yang ingin mendalami persoalan mengidentifikasi hubungan makan dan dimakan

6.        KAJIAN PUSTAKA
·           Karakteristik siswa kelas V SD
·           Pembelajaran Bahasa Indonesia
·           Model pembelajaran SQ3R
·           Standar isi

7.        METODE PENELITIAN
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan rancangan penelitian PTK.
Model pelaksanaan PTK ini dengan acuan model siklus PTK sebagai berikut:
ž  Tahap 1: Perencanaan (Menyusun RPP, Simulasi pembelajaran, Alat penilaian & Lembar Observasi)
ž  Tahap 2: Pelaksanaan (Melaksanakan Pembelajaran, Melakukan Pengamatan)
ž  Tahap 3: Refleksi (Melakukan Penilaian hasil belajar, Melakukan Penilaian Kinerja)
ž  Tahap 4: Kesimpulan ( jika siklus pertama tidak berhasil diteruskan ke siklus 2)

8.        JADWAL PENELITIAN
Penelitian dilaksanakan di SDN Kawedanan 2 Kec. Kawedanan, Kab. Magetan. Pembuatan rencana tindakan berdasarkan refleksi yang ditulis pada proposal dilaksanakan pada tanggal 15 September sampai 28 September 2012, dikerjakan setiap hari Sabtu. Pelaksanaan tindakan dikerjakan mulai pada tanggal 1 Nopember sampai 14 Nopember 2012. Jam pelajaran 2 pertemuan setiap minggu pada tiap hari Selasa dan Kamis masing-masing 2x35 menit.

9.        DAFTAR PUSTAKA
Drs. Ibadullah Malawi, dkk.2012.Penelitian Tindakan Kelas.Madiun: IKIP PGRI Madiun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text