IKIP PGRI MADIUN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Status Terakreditasi: No:
020/BAN-PT/Ak-XIII/S1/X/2010
Jalan
Setiabudi 85 Telp-Fax. (0351) 462986 Madiun 63118
NAMA
ANGGOTA KELOMPOK :
1.
Febriana Wulandari (09141083)
2.
Imas Setyowati (09141106)
3.
Ita Setyaningrum (09141112)
4.
Jaenatin (09141115)
5.
Lailiyah Makfiyatul M. (09141123)
BIDANG
STUDI/MAPEL : BAHASA
INDONESIA
1.
JUDUL
Peningkatan
Kemampuan Menemukan Gagasan
Utama Suatu Teks Yang Dibaca Dengan Metode SQ3R Pada Siswa Kelas V SDN Kawedanan 2 Magetan
2.
PENDAHULUAN
Ditemukan
fakta bahwa siswa kelas V SDN Kawedanan 2 masih menemui kesulitan belajar dalam
menemukan gagasan utama teks yang dibaca. Hal ini terlihat dari hasil tes akhir pembelajaran menunjukkan bahwa: ada 12 siswa (30%) yang kemampuan mengidentifikasi
hubungan makan dan dimakan antar makhluk hidup (rantai makanan) mencapai nilai antara (75-100); terdapat 28 siswa (70%) mencapai nilai dibawah
75. Padahal nilai ketuntasan minimal SDN Kawedanan 2 adalah
75.
Akar
penyebab rendahnya kemampuan menemukan gagasan utama
teks adalah kurang tepatnya dalam memilih
metode
pembelajaran. Seharusnya siswa diberikan materi
melalui metode pembelajaran SQ3R. Dimana metode pembelajaran ini mempunyai
langkah-langkah dalam menemukan gagasan utama teks yang mudah.
3.
RUMUSAN
MASALAH DAN PEMECAHANNNYA
Rumusan masalah:
1.
Bagaimana penerapan
metode
pembelajaran SQ3R untuk meningkatkan
kemampuan menemukan gagasan utama teks pada siswa kelas V SDN Kawedanan 2 Magetan?
2.
Apakah penerapan metode pembelajaran SQ3R dapat meningkatkan
kemampuan menemukan gagasan utama teks pada siswa kelas V SDN Kawedanan 2 Magetan?
Tindakan pemecahan masalahnya adalah sebagai
berikut:
1.
Survey: mencari judul,
sub judul, gambar, grafik, atau keterangan tambahan dari sebuah teks
2.
Question: memunculkan
berbagai pertanyaan setelah melakukan survey
3.
Read: membaca teks dari
awal hingga akhir
4.
Recite: mengungkapkan
atau menuliskan apa yang telah dibaca dengan menggunakan kalimat sendiri dan
menghubungkannya dengan apa yang telah diketahui
5.
Review: mengingat
kembali apa yang telah dibaca
Indikator keberhasilannya adalah
sebagai berikut:
ASPEK
|
CARA MENGUKUR
|
Keaktifan siswa mengajukan pertanyaan
|
Diamati selama pembelajaran berlangsung
|
Ketepatan waktu dalam
membaca teks
|
Diamati dari kemampuan siswa dalam membaca
teks
|
Interaksi antar siswa pada kegiatan diskusi
|
Diamati ketika siswa melakukan diskusi, dicatat
keterlibatan masing-masing siswa dalam kelompok
|
Ketuntasan hasil belajar
|
Dihitung dari nilai diskusi
dan tes akhir pembelajaran. Siswa yang
memperoleh nilai lebih besar/sama dengan 75 dinyatakan tuntas.
|
4.
TUJUAN
Penelitian ini
bertujuan untuk:
1.
Mendeskripsikan
penerapan metode pembelajaran SQ3R untuk meningkatkan kemampuan menemukan gagasan utama
teks pada siswa kelas V SDN Kawedanan 2
Magetan
2.
Mendeskripsikan
peningkatan kemampuan menemukan gagasan utama
teks dengan metode pembelajaran SQ3R pada siswa kelas V SDN Kawedanan 2 Magetan
5.
MANFAAT
Manfaat Teoritik:
memberikan sumbangan pengetahuan pada khasanah pengetahuan khususnya dalam
bidang pembelajaran Bahasa Indonesia di SD,
Manfaat Praktis:
Ø Siswa: siswa akan lebih aktif dan memahami sehingga
kemampuannya menemukan gagasan utama teks meningkat.
Ø Guru: dimungkinkan dapat diterapkan di sekolah yang
mempunyai karakteristik sama
Ø Peneliti lain: dapat menjadi inspirasi yang ingin
mendalami persoalan mengidentifikasi hubungan makan
dan dimakan
6.
KAJIAN
PUSTAKA
·
Karakteristik siswa
kelas V SD
·
Pembelajaran Bahasa
Indonesia
·
Model pembelajaran SQ3R
·
Standar isi
7.
METODE
PENELITIAN
Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif, dengan rancangan penelitian PTK.
Model pelaksanaan
PTK ini dengan acuan model siklus PTK sebagai berikut:
Tahap 1: Perencanaan (Menyusun RPP, Simulasi pembelajaran, Alat penilaian &
Lembar Observasi)
Tahap 2: Pelaksanaan (Melaksanakan
Pembelajaran, Melakukan
Pengamatan)
Tahap 3: Refleksi (Melakukan Penilaian
hasil belajar, Melakukan
Penilaian Kinerja)
Tahap 4: Kesimpulan ( jika siklus pertama tidak berhasil
diteruskan ke siklus 2)
8.
JADWAL
PENELITIAN
Penelitian
dilaksanakan di SDN Kawedanan 2 Kec. Kawedanan, Kab. Magetan. Pembuatan rencana
tindakan berdasarkan refleksi yang ditulis pada proposal dilaksanakan pada
tanggal 15 September sampai 28 September 2012, dikerjakan setiap hari Sabtu. Pelaksanaan tindakan dikerjakan mulai pada tanggal 1
Nopember sampai 14 Nopember 2012. Jam pelajaran 2 pertemuan setiap minggu pada
tiap hari Selasa
dan Kamis
masing-masing 2x35 menit.
9.
DAFTAR
PUSTAKA
Drs.
Ibadullah Malawi, dkk.2012.Penelitian
Tindakan Kelas.Madiun: IKIP PGRI Madiun
Tidak ada komentar:
Posting Komentar