RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN Kawedanan 2
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI / 1
Materi Pokok : Luas
Segi Banyak
Waktu : 2 x 35 menit
A.
Standar Kompetensi
3. Menghitung luas segi
banyak sederhana, luas lingkaran, dan volume prisma segitiga.
B. Kompetensi Dasar
3.1 Menghitung luas segi banyak yang merupakan
gabungan dari dua bangun datar sederhana.
C. Indikator
1.
Mengidentifikasi
cara menghitung luas segi banyak.
2.
Menghitung
luas segi banyak.
D. Tujuan Pembelajaran:
1. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat mengidentifikasi
cara menghitung luas segi banyak sesuai gambar.
2. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menghitung
luas segi banyak dengan tepat.
E. Karakter
yang diharapkan :
Disiplin,
tanggung jawab, religius, berpikir kritis.
F. Materi Pokok
Luas bangun segi banyak.
G. Metode dan Model Pembelajaran
Metode : Ceramah variasi, tanya jawab,
diskusi kelompok, penugasan.
Model : Group investigation
H. Langkah-langkah
Pembelajaran
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
|
PENGORGANISASIAN
|
|
KELAS
|
WAKTU
|
|
1.
Kegiatan awal
o Membuka pembelajaran
dengan mengucapkan salam, berdo’a dan mengabsen siswa.
o Menyampaikan tujuan
pembelajaran dan kompetensi yang
diharapkan.
o Menyampaikan apersepsi
tentang contoh benda di sekitar yang merupakan segi banyak.
|
(10 menit)
|
|
2.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
F Siswa
membaca buku paket.
F Siswa
bertanya jawab dengan guru tentang luas segi banyak.
& Elaborasi
F Siswa
membentuk kelompok dengan anggota 6-7 siswa.
F Siswa
mengerjakan tugas diskusi dari guru.
F Perwakilan
kelompok membacakan hasil diskusi di depan kelas.
& Konfirmasi
F Meluruskan
hasil diskusi kelompok.
F Memberi
reward untuk hasil diskusi dengan hasil terbaik.
|
(40 menit)
|
|
3.
Kegiatan akhir
o
Simpulan
Siswa
membuat kesimpulan materi yang dipelajari dengan bantuan guru.
o
Evaluasi
Siswa mengerjakan
soal evaluasi dari guru.
o
Refleksi
Siswa
menyampaikan kesan pelajaran yang telah diikuti.
o
Mengakhiri pembelajaran dengan salam penutup.
|
(20 menit)
|
I.
Penilaian:
- Prosedur penilaian
·
Proses : Dilaksanakan selama proses
pembelajaran
·
Sikap : Dilaksanakan selama proses
pembelajaran
·
Hasil : Dilaksanakan pada akhir
pembelajaran
- Jenis Penilaian
·
Proses : Lisan dan Perbuatan
·
Hasil : Lisan dan Perbuatan
- Bentuk Penilaian
·
Proses : Pengamatan
·
Hasil : Objektif
- Alat Penilaian
·
Proses : Rubrik/Lembar Penilaian
·
Hasil : Soal-soal Tes
J.
Media/Alat dan Sumber Belajar
Media
: Gambar,
Lembar Kerja Kelompok
Sumber :
·
KTSP
· Permana, dkk.2008.Bersahabat dengan Matematika; untuk kelas VI Sekolah Dasar/Madrasah
Ibtidaiyah.Jakarta:Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
· LKS
K. Lampiran
·
Rangkuman Materi
·
Lembar Kerja Kelompok
·
Kisi-kisi soal
·
Lembar evaluasi
·
Rubrik/Lembar Pengamatan
·
Kunci Jawaban Lembar Kerja Kelompok
·
Kunci Jawaban Lembar Evaluasi
·
Lembar Pengamatan
·
Lembar Penilaian Evaluasi
·
Lembar Nilai Akhir Siswa
·
Analisis Hasil Evaluasi
·
Hasil Analisis
Kawedanan, 20
Oktober 2012
Mengetahui,
Guru Pamong ` Mahasiswa
Praktik
Agus
SM, AMaPd Febriana
Wulandari
NIP :196008101979071003 NPM : 0914108
Tidak ada komentar:
Posting Komentar